Hubud Bali Coworking Space

Coworking Space di Indonesia

Bicara Coworking Space di Indonesia, saya pikir sedang maju-majunya. Budaya startup yang semakin hari, semakin meluas dan menggairahkan membuat jenis bisnis ini juga ikutan berkembang dan ikutan maju. Namun, untuk sebagian orang Coworking Space belumlah familiar di telinga mereka. Lalu, apa sebenarnya Coworking Space itu sendiri?

Pengertian Coworking Space

Berdasarkan beberapa sumber yang ada, saya mendefinisikan bahwa Coworking Space adalah suatu tempat dimana orang-orang dengan background yang berbeda atau sama bekerja di satu tempat. Melihat dari arti Coworking Space itu sendiri yaitu kerja sama atau kolaborasi. Desain Coworking Space umumnya berupa konsep ruang terbuka dan transparan, sehingga vibes dari desain ini memicu setiap individu yang ada di dalamnya untuk lebih aktif berinteraksi atau berkolaborasi.

Coworking Space yang baik bisa menciptakan suasana yang meningkatkan produktifitas.

Kumpulan orang-orang atau grup yang biasa bekerja di Coworking Space umumnya mengutamakan konsep sharing atau berbagi, layaknya para freelancer atau pekerja starup.

Perkembangan Coworking Space di Indonesia

Bicara Coworking Space di Indonesia, sebenarnya perkembangannya cukup sulit. Di pandangan masyarakat kita Coworking Space masih belumlah menjadi suatu hal kebutuhan yang utama. Namun, hal ini nampaknya tidak berlaku di kota besar seperti di Jakarta yang dimana jumlah pendirian Coworking Space meningkat cukup cepat. Dari data yang ada di Asosiasi Co-Working Indonesia, pada April tahun 2017, hanya ada 75 Coworking Space di Indonesia. Jumlah ini nampaknya sudah meningkat tajam jika kita melihat realita jumlah Coworking Space yang ada di tahun ini.

Jika melihat Coworking Space di Indonesia, tentu perkembangannya sangat tergantung dari konsumen bisnis ini sendiri. Di beberapa individu, Coworking Space sama saja seperti tempat cafe biasa atau bisnis sejenisnya. Salah kaprah orang-orang mengenai Coworking Space membuat bisnis terkadang tidak punya tempat di pandangan konsumennya sendiri. Beda hal dengan bisnis Cafe, yang dimana para pekerja atau pebisnis tentu lebih familiar.

Ditambah lagi, Coworking Space di Indonesia dianggap harganya masih relatif mahal. Dari sisi pengusaha Coworking Space, pertimbangannya cukup berarti. Dimana para pengusaha ini sebagian besar harus mengedukasi konsumen mengenai konsep Coworking Space itu sendiri karena ada sebagian dari mereka yang salah kaprah mengenai konsep Coworking Space. Misalnya, Coworking Space hanyalah suatu tempat kerja dengan internet yang kencang.

Anggapan itu tidak sepenuhnya benar ataupun salah. Namun, para pengusaha Coworking Space meyakini bahwasanya pemaknaan Coworking Space saya yakin lebih dari itu. Hal ini tergantung dari Visi Misi usaha Coworking Space itu sendiri.

Kedepannya, tentu akan semakin banyak Bisnis Coworking Space yang ada di Indonesia. Mengingat budaya bekerja lepas dari kantor dan Startup semakin hari semakin pesat perkembangannya. Coworking Space dengan konsep yang lebih spesifik nampaknya akan menjadi peluang usaha. Mungkin kedepannya Coworking Space akan mengusung konsep dengan niche tertentu. Misal: Coworking Space dengan niche seni terkhususkan untuk para pekerja lepas di seni digital. Atau Coworking Space dengan niche programming khusus untuk para programmer remote atau yang lainnya.

Coworking Space Terbaik di Indonesia

Hubud di Bali

Coworking Space ini bernuasa alam dan material bambu menjadi elemen utama yang berperan penting dalam mendukung suasana di tempat ini. Dengan suasana yang menenangkan, tempat ini rasanya akan sangat mendukung kamu untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan sambil ditemani beberapa cemilan ataupun minuman. Di Hubud juga tersedia berbagai macam fasilitas seperti ruang konferensi, ruang pertemuan, skype booth, loft, organic cafe dan area taman. Untuk kamu yang membutuhkan rental kendaraan, di sini juga menyediakannya seperti rental motor. Selain itu, ada juga airport pickup dan tentunya tersedia juga paket unlimited coworking space membership.

Dojo di Bali

Coworking Space ini nampaknya sangat mendepankan konsep work-life balance. Dojo menawarkan ruang bekerja bagi para freelancer dengan nuasa tropikal sekaligus tempat ini juga sangat dekat dari Echo Beach, hanya beberapa menit saja.

Bandung Digital Valley

Coworking Space ini didirikan oleh Telkom yang berlokasi di Bandung pada Desember tahun 2011. Dengan adanya Bandung Digital Valley ini, Telkom berharap bisa menjembatani para technopreneur atau developer ke target pasar mereka.

Selain 3 Coworking Space terbaik di atas, ada juga beberapa Coworking Space menurut kami juga terbaik berdasarkan hasil pencarian kami di internet. Beberapa hasil penelurusan kami menemukan Coworking Space di bawah ini (urutan yang ada tidak menentukan kualitas).

  • Code Margonda di Depok
  • Rework di Jakarta
  • Nin3 Space di Surabaya
  • Livit Spaces di Bali
  • Co&Co di Bandung
  • Maliome di Yogyakarta
  • CoHive di Jakarta
  • Cre8 di Jakarta
  • Kolega di Jakata
  • Conclave di Jakarta
  • Tier Space di Jakarta
  • Ev Hive di Jakarta
  • Hacker Space Di Bandung
  • Eduplex di Bandung
  • Ruang Reka di Bandung
  • Work@ di Bandung
  • Jogja Digital Valley
  • Forward Factory di Surabaya

Untuk kamu yang mempunyai referensi tambahan Coworking Space Terbaik di Indonesia, silahkan sampaikan ke kami yang melalui halaman kontak, nanti kami tambahkan list-nya.

Coworking Space Pertama di Indonesia

Coworking Space Pertama di Indonesia adalah Hackerspace di Bandung yang didirikan oleh Yohan Totting. Beliau mendirikan Coworking Space pertama di Indonesia karena terinspirasi dari Coworking Space sukses yang ada di Singapore yaitu Hackerspace Singapura. Tidak hanya itu, tempat ini beridiri atas kegelisahan beliau sebagai pekerja freelance yang tidak memiliki tempat kerja dan sering kali pindah-pindah karena bosa. Terkadang di Cafe atau warung kopi.

Selepas berdirinya, Coworking Space pertama ini, banyak Coworking Space di kota besar lainnya ikut berdiri seperti di Yogyakarta, Medan, Surabaya, Jakarta dan kota-kota lainnya.

Jumlah Coworking Space di Indonesia

Peningkatan Jumlah Coworking Space di Indonesia tiap tahunnya terus naik. Berdasarkan data Asosiasi Coworking Space di Indonesia melalui Felencia Hutabarat menyatakan jumlah perusahaan penyedia ruang kerja bersama di Indonesia melonjak signifikan.

“Berdasarkan catatan kami, jumlah Coworking Space hanya 45 bangunan pada 2016. Sekarang hampir 200. Ini artinya meningkat 400 persen”.

Lain halnya dengan operator Coworking ternama di Indonesia: GoWork. GoWork mendedikasikan lebih dari 25 persen dari 65.000 meter persegi total ruang kerja mereka (perkuartal 2 tahun 2020) sebagai fasilitas komunal lokasinya seperti area coworking, area lounge, ruang rapat, ruang acara melalui gerakan ekonomi-berbagi (sharing economy) dan ini dapat dipesan oleh lebih dari 15.000 anggota dan 500 perusahaan anggotanya.

Dengan menggaet kemitraan di mal dan gedung perkantoran grade-A yang ada di pusat bisnis ekonomi, hiburan dan gaya hidup di 4 kota besar di Indonesia, GoWork akan memliki 490 kali lipat total area awalnya di 2020.

Sejarah Coworking Space

Melihat ke belakang, Sejarah Coworking Space pertama kali di dunia berasal dari negara Austria tepanya di Wina. Schraubenfabrik yang juga disebut Mother of Coworking Space adalah Coworking Space pertama yang didirikan di dunia yang berlokasi di kota Wina. Coworking Space didirikan oleh Stefan Leitner-Sidl dan Michael Poll pada tahun 2002.

Biaya Pembuatan Coworking Space

Budaya perusahaan rintisan yang semakin menjamur saat ini, akan sangat beralasan untuk para pebisnis untuk melebarkan bisnis mereka di bidang Coworking Space. Lalu, Berapa ya biaya untuk memulai bisnis Coworking Space?

Biaya sewa tempat

Coworking Space sangat diutamakan kenyamanannya. Tanpa faktor ini, rasanya Coworking Space kamu akan sulit untuk survive. Sebagai gambaran, misal Coworking Space di Jogja, kamu bisa memulai bisnis ini dengan menyewa tempat di pinggiran kota mulai harga 25 juta pertahun.

Biaya pembuatan taman

Dengan adanya area hijau di Coworking Space, ini akan sangat mendukung terciptanya suasana yang nyaman. Kamu bisa mengandalkan taman ini sebagai area yang menarik untuk dilihat oleh konsumen Coworking Space yang datang untuk bekerja. Hadapkan kursi dan meja yang ada ke area taman melalui kaca bening yang besar. Di Jogja pembuatan taman harganya mulai 2 jutaan saja.

Biaya renovasi

Biaya renovasi untuk Coworking Space akan sangat relatif sekali tergantung desain Coworking Space itu sendiri. Kamu bisa bersiasat membuat Coworking Space sealami mungkin agar biaya renovasinya bisa ditekan seminim mungkin. Yang paling utama adalah Coworking Space haruslah nyaman, bersih, rapi dan enak dipandang. Kita bisa menganggap biaya renovasi semisal pengecatan dengan harga mulai 500 ribuan saja.

Biaya Kursi dan Meja

Pemilihan jenis kursi dan meja pada Coworking Space ini akan sangat mempengaruhi biaya yang kamu keluarkan. Kamu bisa saja memilih jenis meja yang panjang agar bisa digunakan beramai-ramai yang divariasikan dengan meja bentuk lingkaran sehingga terlihat tidak monoton dan lebih variatif. Untuk biaya kursi dan meja ini kamu bisa asumsikan sekitar 15 juta.

Biaya Perkakas

Sama halnya dengan area taman, elemen perkakas pada Coworking Space mu akan berperan penting dalam menciptakan suasan. Dengan adanya perkakas yang menarik yang ditempel di dinding ataupun yang ditaruh di lemari terbuka, perkakas ini akan menciptakan kesan yang tidak kaku sehingga membuat lebih nyaman dan pikiran bisa jadi lebih fresh. Macam-macam perkakas untuk Coworking Space yang bisa kamu terapkan diantaranya lukisan, tanaman, pot, typography ataupun elemen seni yang unik. Untuk biaya perkakas kamu bisa menganggarkan sekitar 1,5 juta saja. Dan ingat ya, usahakan perkakas yang ada di Coworking Space tidak berlebihan dan disarankan buatlah se-simple mungkin.

Biaya Internet

Coworking Space tanpa internet yang kencang rasanya akan sangat memalukan ya. Bukan rahasia lagi, Internet kencang adalah salah satu sasaran utama orang yang datang ke Coworking Space. Maksimalkan faktor internet ini, jika ingin Bisnis Coworking Space mu ramai dan setia didatangi oleh para freelancer. Kamu butuh mengeluarkan uang sekitar 3 jutaan per bulan untuk biaya internet di Coworking Space kamu.

Biaya lain-lain

Untuk Biaya lain-lain pada Coworking Space, kamu butuh merogoh kocek sekitar 3 jutaan untuk bulan pertama. Rincian pengeluaran biaya lain-lain diantaranya adalah biaya kebersihan, biaya listrik, biaya air dan biaya kabel misalnya.

Kesimpulan Biaya Pembuatan Coworking Space

Dari ke-6 poin yang telah dijelaskan di atas, setidaknya kamu membutuhkan biaya sekitar Rp 50 juta. Cukup besar ya. Tapi, tenanglah jika strategi mu berhasil dalam menjalankan bisnis Coworking Space ini, kamu bisa balik modal dengan cepat. Utamakan promosi di awal kemudian tawarkan kenyamanan terbaik dari setiap konsumen yang datang.

Perizinan Coworking Space

Perkembangan bisnis Coworking Space di Indonesia sangatlah pesat. Walau tidak semuanya sukses, namun masih saja para pengusaha terus melirik bisnis ini. Terutama di kota-kota besar seperti Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan Bali. Namun, dibalik itu semua Coworking Space digadang-gadang tidak memiliki perizinan resmi di Indonesia. Coworking Space di Indonesia tidak memiliki nomenklatur sehingga perizinan dan pajaknya masih membingungkan. Di Jakarta semat menyamakan Coworking Space dengan Kantor Virtual yang mengakibatkan Coworking Space di kota ini sempat tutup. Menindaklanjuti hal ini, dikeluarkan SE PTSP DKI Jakarta Nomor 6 tahun 2016, yaitu hasil pengembangan dari Perda DKI Nomor 1 tahun 2014 tentang zonasi dan usaha ini dapat dibuka kembali pada tahun 2016 silam.

Proposal Coworking Space

Tidak banyak referensi yang bisa kami berikan untuk Proposal Coworking Space. Salah satu proposal yang kami temukan yaitu milik Deddy Rahman yaitu proposal ITB Coworking Space. Proposal ini dideskripsikan oleh pemiliknya sebagai Proposal Bisnis awal untuk membangun sebuah Coworking Space bagi Startup-startup milik alumni ITB.

Coworking Space di Plaza Indonesia

GoWork adalah Coworking Space yang ada di Plaza Indonesia. Coworking Space ini sangat cocok untuk para pekerja yang tidak ingin repot-repot untuk langsung berbelaja. Pasalnya, hanya berjalan beberapa meter, kamu sudah bisa mengunjungi Grand Indonesia. Dengan konsep minimalis serta tersedianya lounge area, infused water, ruang meeting dan fasilitas lainnya, dijamin tempat ini sangat memuaskan konsumennya sebagai sebuah tempat Coworking Space.

Coworking Space Senopati

Berikut ini beberapa rekomendasi kami untuk Coworking Space di Senopati.

  • EV Hive Satellite
  • Kolega
  • TierSpace
  • BITS
  • Conclave Wijaya

Coworking Space Surabaya

Untuk area Suarabaya dan sekitarnya, berikut rekomendasi Coworking Space terbaik di Surabaya.

  • SUB Co
  • Satu Atap
  • Regus
  • Revio
  • Koridor
  • Geco

Coworking Space Depok

Untuk warga depok dan sekitarnya, kini kamu bisa bekerja di Coworking Space yang nyaman. Berikut rekomendasi kami.

  • DiLo Depok
  • Code Margonda
  • IoT Workspace
  • Depok Coworking
  • Basecamp of Brother’s Depok
  • Juada Coworking Space

Nah, itu tadilah serba-serbi Coworking Space yang ada di Indonesia. Artikel ini akan terus kami lengkapi. Silahkan hubungi kami kalau kamu ingin memberi saran atau komentar terkait artikel Coworking Space Indonesia ini. Terima kasih.

Leave a Comment